GfM9TpClTSGpGUWpGSM8GUdoBA==

Slider

Cara Alami Obati Anosmia Atau Hidung Tidak Bisa Membaui (Indra Penciuman Hilang?) 😉


Ompi TV
- Anosmia atau yang juga disebut hilangnya kemampuan indra penciuman. Anosmia sudah terjadi ketika indra penciuman tidak bisa mencium sesuatu, seperti halnya aroma bunga atau bau yang menyengat.

Ada beberapa yang menjadi penyebab Anosmia, Mulai dari hidung tersumbat lantaran sedang pilek, polip hidung sampai dengan virus yang lagi trend ini. Untuk penderita pilek, anosmia pada umumnya bakal hilang ketika hawa dingin mulai mereda.

Sementara untuk penderita virus yang sedang trend ini, Anosmia bakal bertahan sedikit lebih lama. Kondisi ini bisa diatasi dengan melakukan beberapa hal berikut untuk mengembalikan indra penciuman, mulai dari latihan penciuman sampai dengan beberapa pemberian obat.

Anosmia sendiri bakal mereda dengan sendirinya hanya dalam hitungan minggu atau bulan ada juga yang bisa bersifat permanen. Meski begitu, ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi anosmia tanpa dirumah sakit dan bisa dilakukan dirumah. 

LATIHAN PENCIUMAN


Latihan penciuman ini dilakukan dengan mengandalkan ingatan mengenai suatu aroma untuk mengaktifkan kembali saraf-saraf penciuman. Latihan ini melibatkan penciuman berulang pada beberapa aroma, seperti halnya cengkeh, lemon, mawar dan juga kayu putih.

Masing-masing aroma dihirup dalam-dalam dalam hitungan 15-20 detik. Ketika menghirupnya, usahakan untuk mengingat seperti apa aromanya. Membayangkan bau pada suatu objek diduga bisa melatih kerja ujung saraf indra penciuman.

Cara mengembalikan indra penciuman yang satu bisa kamu lakukan 2-3 kali sehari setidaknya selama 3 bulan. Penelitian memperlihatkan jika terjadi peningkatan kemampuan indra penciuman atau pemulihan pada penderita virus yang sedang hits ini yang mengalami anosmia usai melakukan latihan ini.

MINUM TEH JAHE


Teh Jahe juga bisa dipergunakan sebagai cara untuk mengatasi anosmia. Jahe sendiri punya aroma yang khas dan menyengat yang bisa membantu kamu dalam melatih indra penciuman.

Selain itu, minum teh jahe ketika hidung tersumbat bisa meredakan peradangan pada saluran pernapasan dan juga mengurangi pembentukan lendir yang menyumbat saluran hidung.

Cara membuat teh jahe mudah sekali, kamu cukup menyeduh satu sendok makan jahe mentah yang sudah diiris dan ditumbuk pada dua cangkir air panas selama sekitar 15 menit. Kemudian, teh jahe siap untuk dinikmati.

IRIGASI HIDUNG


Jika Anosmia dikarenakan infeksi atau alergi, Kamu bisa melakukan metode irigasi hidung untuk mengembalikan indra penciuman. Metode ini dilakukan dengan bahan larutan garam yang bisa dibeli bebas di apotek atau membuat sendiri, campurkan setengah sendok teh garam dan setengah sendok teh soda kue ke dalam 1 cangkir air matang.

Kemudian, masukkan larutan air garam itu pada botol semprot atau botol irigasi. Setelah itu untuk cara membersihkan bagian dalam hidung pergunakan larutan air garam :

  • Miringkan kepala ke salah satu sisi tubuh.
  • Semprotkan larutan garam pada salah satu lubang hidung dengan hati-hati dan mengarah ke arah yang berlawanan dengan sisi miring kepala.
  • Biarkan larutan air garam mengalir keluar dari lubang hidung yang lain atau mulut.
  • Ulangi cara ini di lubang hidung yang lainnya dan lakukan beberapa kali dalam sehari untuk mengembalikan indra penciuman.

 

KONSUMSI OBAT


Jika Anosmia tidak juga pulih, Anda butuh memeriksakan diri ke dokter untuk mendapatkan penanganan lebih lanjut. Dokter bakal memberikan resep obat untuk mengembalikan indra penciuman.

Penelitian memperlihatkan jika latihan penciuman yang disertai dengan semprotan hidung steroid, seperti budesonide, bisa meningkatkan kemampuan penciuman dibanding dengan membersihkan bagian dalam hidung dengan larutan air garam.

Jika beberapa cara mengembalikan indra penciuman di atas tidak bisa mengatasi masalah anosmia kamu, konsultasikan diri ke dokter untuk penanganan yang tepat.

© Copyright - Ompi TV - Media Hiburan Masa Kini
Added Successfully

Tulis Apa Yang Ingin Kamu Cari Dan Tekan ENTER Untuk Mencari.