GfM9TpClTSGpGUWpGSM8GUdoBA==

Slider

Dari Batik Sampai Wayang, Ini Dia Warisan Budaya Indonesia Yang Mendunia!


Ompi TV
- Indonesia adalah negara yang Kaya, Selain Kaya akan hasil alamnya, Indonesia juga kaya budayanya. Bahkan, Budaya Indonesia berhasil mendunia dan kita wajib bangga dengan hal ini.

Dan berikut ini beberapa warisan budaya Indonesia yang berhasil mendunia, berikut seperti dilansir Ompi TV dari berbagai sumber.

BATIK


Dijaman modern ini Batik kerap dikombinasikan dengan model baju modern, Alhasil ada perpaduan antara tradisional dengan modern. UNESCO Sudah menetapkan Batik menjadi salah satu budaya Indonesia sejak 2 Oktober 2009. Tangga otu hingga kini telah dijadikan sebagai hari batik nasional.

KERIS


Jika diperhatikan ada beberapa keris bilahannya lurus, ada juga yang berbelok-belok. Dan tahun 2005 lalu UNESCO sudah menjadikan Keris sebagai salah satu budaya Indonesia yang wajib untuk dilestarikan.

NOKEN


Noken merupakan tas asli buatan wanita Papua, dan pembuatan tas ini menjadi simbol jika wanita itu sudah dewasa sehingga siap untuk melakukan pernikahan. Karena hanya di Papua, Pemerintah Indonesia mengajukan tas Noken Ke UNESCO, dan akhirnya hal itu diakui merupakan warisan budaya Indonesia pada 4 Desember 2014.

GAMELAN


Gamelan merupakan salah satu alat musik tradisional asli Indonesia. Nama gamelan sendiri berasal dari Bahasa Jawa yang mempunyai arti benda yang dipukul atau ditabuh. Alat musik ini memang tidak pernah lekang oleh jaman, dari dulu sampai kini, dan sudah diakui pula oleh UNESCO di tahun 2014 sebagai warisan budaya.

ANGKLUNG


Angklung merupakan alat musik tradisional yang asalnya dari Jawa Barat. Angklung juga merupakan salah satu alat musik warisan leluhur yang berhasil mendunia, sampai saat ini dan di tahun 2010 lalu UNESCO memberikan penghargaan kepada Angklung sebagai alat musik yang melambangkan kebudayaan Indonesia.

TARI SAMAN


Diperkirakan tarian ini sudah ada sejak 700 tahun yang lalu, kala para ulama ingin melakukan penyebaran agama Islam lewat pesan moral. Kebersamannya sudah terlihat dari gerakan saman yang kompak, perkasa, cepat dan agresif.

Di tahun 2011 UNESCO menetapkan Tari Saman menjadi warisan budaya Indonesia yang wajib untuk dibudidayakan keseniannya.

WAYANG KULIT


Pada 7 November 2003, Wayang Kulit sudah diakui oleh UNESCO. Wayang Kulit sendiri asalnya asli dari Jawa Timur dan kemudian berkembang sampai ke Jawa Tengah.

Sebenarnya masih ada banyak yang lainnya warisan budaya Indonesia yang mendunia, dan mungkin akan kita sambung di halaman berikutnya.

© Copyright - Ompi TV - Media Hiburan Masa Kini
Added Successfully

Tulis Apa Yang Ingin Kamu Cari Dan Tekan ENTER Untuk Mencari.