GfM9TpClTSGpGUWpGSM8GUdoBA==

Slider

Fakta Mengenai Makan Bernisan Tulisan Aksara Jawa Di Trotoar Solo-Sukoharjo, Bukan Bayi!


Ompi TV
 - Makam pada umumnya ada ditempat yang jauh dari kerumunan. Mempunyai suasana yang tenang, sepi dan juga tidak jarang sedikit horor. Akan tetapi, apa jadinya jika ada sebuah makam yang ada di tengah trotoar?. Rupanya, benar ada makam di trotoar jalanan Sukoharjo. Makam itu sengaja memang tidak dipindahkan karena jalanan itu dulunya memang kuburan.

Warga yang mengetahui hal itu lantas membiarkan dan menganggap jika itu tidak mengganggu. Akan tetapi, ada beberapa mitos di balik keberadaan makam itu. Jadi, makam siapakah itu sebenarnya, yupp kita simak selengkapnya.

MAKAM KECIL DI TROTOAR SUKOHARJO


Makam ini memiliki ukuran yang kecil dan banyak orang mengira jika ini adalah makam bayi. Usut punya usut, makamn itu adalah milik Nyai Sembro atau Nyai Tembong yang merupakan seekor kucing. Makam yang letaknya ada di sudut solo baru, Grogol, Sukoharjo, Jawa Tengah ini, memang sengaja tak dipindahkan.

Diketahui, kucing yang dikuburkan di situ adalah kucing kesayangan milik Prabu Pakubuwono X yang berjenis candramawa atau jenis persia hitam dengan corak putih.

Dulunya, trotoar itu merupakan sebuah kompleks pemakaman, akan tetapi untuk para hewan peliharaan Raja Pakubuwono. Ada aksara Jawa dan juga nisan bertuliskan "Klangenan Dalem Nyai Sembro" yang berarti adalah Hewan Kesayangan Raja yang bernama Nyai Sembro. Akan tetapi, di tahun 1980-an, kompleks ini dirombak menjadi jalan raya.

MITOS DISEKITAR MAKAM NYAI SEMBRO


Warga daerah sekitar makam menyebutkan jika tidak pernah mendapati adanya hal yang aneh. Akan tetapi, cerita mistis dialami oleh orang lain yang menyebutkan ketika mengendarai mobil mendadak mereka terhenti seperti menabrak kucing. Akan tetapi ketika di cek, rupanya tidak ada apa-apa.

Dijaman dulu, masih ada beberapa orang yang datang untuk berziarah ke makam Nyai Sembro. Hal itu juga menjadi bukti sejarah jika kita harus mencintai binatang. Dulunya para petani di sekitaran Solo-Sukoharjo bakal ziarah ke makam Nyai Sembro sebelum musim panen datang, dengan harapan persawahan mereka tidak terserang hama tikus, seperti itu mitosnya.

ADA YANG UNIK DARI MAKAM NYAI SEMBRO


Makam Nyai Sembro punya beberapa keunikan. Selain punya nisan seperti pemakaman Manusia, posisi makam pun juga mengharap ke utara-selatan seperti halnya makam manusia.

Pada nisannya juga dituliskan kapan kucing kesayangan raya tersebut meninggal. Uniknya lagi Makam Nyai Sembro ini juga menjadi daya tarik wisatawan asing.

Menyayangi semua bintang adalah kewajiban kita semua. Karena Raja Pakubowono hingga memberikan pemakaman yang layak dan terhormat untuk para hewan kesayangannya. Hal itu menjadi pembelajaran untuk kita bahwa setiap mahkluk hidup patut untuk disayangi.

© Copyright - Ompi TV - Media Hiburan Masa Kini
Added Successfully

Tulis Apa Yang Ingin Kamu Cari Dan Tekan ENTER Untuk Mencari.