GfM9TpClTSGpGUWpGSM8GUdoBA==

Slider

4 Fakta Kedalaman Lautan Yang Penuh Dengan Misteri, Bahkan Dalamnya Melebihi Tinggi Gunung Everest


Ompi TV
 - Dalamnya lautan memang memiliki misteri. Bahkan, ada yang bilang jika manusia bisa menjelajahi sudut bulan, akan tetapi tidak dengan lautan. Semakin dalam lautan, semakin sedikit pula paparan cahaya matahari.

Dulu di ucapkan bahwa sedikitnya cahaya matahari di suatu tempat menandakan tidak adanya kehidupan, akan tetapi, ditemukan sejumlah hewan yang tinggal di laut dalam. Seberapa dalam lautan dan apakah ada manusia yang bisa menyelaminya?

Mari simak penjelasan selengkapnya mengenai Misteri lautan dalam ini.

DALAMNYA LAUT HINGGA RIBUAN METER


Istilah lauta dalam dipergunakan untuk menggambarkan bahwa laut dengan kedalaman di atas 1.900 meter. Kedalaman rata-rata laut dalam sekitar 3,7 kilometer. Di area ini saja, cahaya yang menembus hanyalah sedikit sekali, bahkan bisa dirasa sangatlah gelap. Area di laut dibagi berdasarkan dari kedalamannya.

Ada 5 Zona laut, yaitu epipelagik (yang masih terpapar sinar matahari) bagian permukaan laut hingga laut sedalam 200 meter dan mesopelagik (Terpapar sinar matahari seperti senja) kedalaman 200 meter hingga 1.000 meter.

Kemudian ada juga, Batipelagis (kurang terpapar sinar matahari, kondisinya seperti tengah malam) di kedalaman 1.000 meter hingga 4.000 meter. Kemudian, laut sedalam 4.000 meter hingga dasar laut disebut dengan abyssopelagik yang tidak tertembus cahaya matahari. dan yang terakhir ada hadopelagik yang benar-benar tidak ada sama sekali cahaya matahari dan ini berada di palung laut dalam di bawah 6.000 meter.

BAGIAN PALING DALAM LAUT DI PALUNG MARIANA


Laut bisa begitu dalam lantaran adanya palung yang terbentuk dari tabrakan lempeng tektonik bumi. Kejadian ini sama dengan terbentuknya pegunungan di daratan. Pegunungan tertinggi adalah Himalaya. Sementara, untuk palung laut bisa lebih dalam lagi dan kedalamannya bahkan melebihi tingginya Himalaya. 

Bagian paling dalam lautan terdapat di dalam Palung Mariana. Lokasi Palung Mariana ada di Samudra Pasifik Barat dengan luas sekitar 2.600 kilometer.

Titik paling dalam di Palung Mariana bernama Challenger Deep, letaknya ada di 320 kilometer dari Pulau Guam, Amerika Serikat. Dalamnya Challenger Deep ini adalah 10,9 kilometer di bawah permukaan laut. Sebagai gambaran, Gunung Everest saja tinggi 8,8 kilometer di atas permukaan laut.

SEBERAPA DALAM KEMAMPUAN MANUSIA DALAM MENYELAM DI LAUT?


Semakin dalam lautan, tentu saja semakin besar juga tekanannya. Seperti di Challenger Deep, tekanannya setara dengan 100 gajah yang menimpa kepala. Tekanan sangat tinggi ini membuat protein yang ada di dalam tubuh tidak berfungsi dengan baik. 

Bahkan, ada batas kedalaman laut yang dapat dijelajahi oleh penyelam scuba resmi, yaitu sampai dengan 100 meter saja. Pembatasan itu demi keselamatan lantaran jika menyelam terlalu dalam, badan bakal mengalami dekompresi yang bisa menyebabkan kematian.

Sejumlah penjelajah lautan berhasil menyelami Palung Mariana. dan yang paling anyar adalah Victor Vescovo, seorang pensiunan perwira angkatan laut dan juga penjelajah lautan, yang bisa menyelam ke Challenger Deep sebanyak 4 kali. Victor merupakan pria satu-satunya yang bisa menyelami Challenger Deep lebih dari 1 kali. Ia melakukan penyelaman antara 28 April hingga 5 Mei 2019 mempergunakan kapal selam jenis DSV Limiting Factor yang memang dibuat untuk bisa menyelami laut terdalam.

HEWAN-HEWAN YANG HIDUP DI LAUT DALAM


Ada beberapa hewan yang pernah ditemukan hidup di lautan dalam. Seperti Hiu Frilled yang ditemukan di negara Jepang tahun 2007. Bentuk hiu itu memanjang dengan insang menonjol, panjangnya sekitar 1,6 meter. Hiu Frilled hidup di laut dengan kedalaman 5.000 meter. 

Ada juga ikan Fangtooth yang tinggal di 2.000 hingga 5.000 meter di bawah laut. Gigi ikan itu panjang, tajam dan juga memenuhi area mulut. Panjang ikan Fangtooth ini 16 sentimeter. Selain kedua jenis ikan itu, masih ada banyak lagi hewan lain yang ditemukan hidup di laut dalam.

Kedalaman Palung Mariana diukur dengan mempergunakan sinar sonar modern. Akan tetapi, bisa saja dalamnya Palung Mariana lebih dari ukuran yang sudah ditemukan peneliti. 

Bagaimana sahabat, apakah mungkin lautan bisa lebih dalam lagi atau justru cintamu kepadanya yang begitu dalam, melebihi dalamnya kedalaman Palung Mariana hehe...

© Copyright - Ompi TV - Media Hiburan Masa Kini
Added Successfully

Tulis Apa Yang Ingin Kamu Cari Dan Tekan ENTER Untuk Mencari.