GfM9TpClTSGpGUWpGSM8GUdoBA==

Slider

Ini Dia Arti Kode Yang Ada Pada Botol Plastik, Perlu Di Pahami


Ompi TV
 - Kita tentu saja kerap menemukan kode-kode tertentu yang ada pada kemasan botol minuman plastik. Kode itu mempunyai Arti tersendiri pada hal penggunaan botol minuman dengan berbahan plastik.

Kode-kode yang terdapat pada kemasan botol minuman berbentuk segitiga dan juga mempunyai simbol yang berbeda-beda.

Kode itu dikeluarkan oleh The Society of Plastic Industri pada tahun 1998 di Amerika Serikat dan diadopsi oleh lembaga-lembaga pengembangan sistem kode, seperti ISO (International Organization of Standardization).

PET Atau PETE (Polyethylene Etilen Teraphalate)

Kode ini bentuknya segitiga yang mana didalamnya ada 1 angka dan dibawahnya ada tulisan PET atau PETE. Botol Minuman yang mempergunakan kode ini biasanya ada pada botol air minum mineral.

Ciri botol yang berkode ini biasanya warnanya jernih dan juga transparan. Arti dari kode ini yaitu botol minuman itu hanya bisa dipergunakan 1 kali saja. jadi botol kemasan ini tidak bisa didaur ulang kembali atau digunakan berkali-kali.

Terlebih lagi jika digunakan untuk menyimpan air hangat atau air panas. Hal itu lantaran bisa menyebabkan lapisan polimer yang ada pada botol itu bisa meleleh dan mengeluarkan zat karsinogenik yang bisa menyebabkan kanker jika berlangsung dalam jangka panjang. Tidak hanya sampai disitu saja, penggunaan yang berulang juga bisa meningkatkan pencucian dan pertumbuhan bakteri.

HDPE (High-Density Polyethylene)

Kode yang kedua adalah HDPE yaitu plastic kaku yang biasa dipergunakan untuk kemasan produk botol susu, deterjen, gallon air dan juga minyak botol. Plastik yang ada kode HDPE ini berarti plastiknya lebih kuat, keras dan juga tahan lama kepada suhu tinggi.

HDPE menjadi salah satu bahan plastik yang kerap digunakan untuk kemudian didaur ulang. hal itu lantaran bahan plastik ini mempunyai kemampuan mencegah reaksi kimia antara kemasan plastic makanan atau minuman yang masuk didalamnya. Namun meski begitu tetap direkomendasikan untuk 1 kali pakai saja, karena keseringan pemakaian juga bisa menyebabkan pelepasan senyawa antimony tri.

PVC (Polyvinyl Chloride)

Kode berikutnya yaitu PVC. Biasanya bertuliskan warna merah dengan angka 3 di tengahnya dan juga ada symbol huruf V. Kode ini mempunyai arti bahan plastic yang dipergunakan adalah yang paling sulit untuk didaur ulang.

kode ini ada pada plastic pembungkus (cling warp) dan juga botol-botol. Reaksi antara botol ini dan minuman yang berada pada kemasan bisa menyebabkan berbagai bahaya. Diantaranya bisa berpotensi buruk terhadap ginjal dan hati dan juga mengganggu berat badan. Maka dari itu, jangan pernah menggunakan botol plastic ini untuk menyimpan minuman dan makanan.

LDPE (Low Density Polyethylene)

Kode yang berikutnya yaitu LDPE, yaitu plastik bertipe cokelat (thermoplastic atau yang dibuat dari minyak bumi). Biasanya ada pada kemasan untuk tempat makanan, plastik kemasan, dan juga botol-botol lembek. Plastik jenis ini sangat baik dipergunakan untuk menyimpan makanan karena daya proteksi uap airnya sangat bagus. Namun kurang baik untuk gas-gas lain seperti oksigen.

PP (Polyproylene)

Ada juga kode yang tulisannya adalah PP. Karakteristik botol ini adalah transparan yang tidak jernih atau berawan. Botol plastik dengan kode ini merupakan botol yang sangat baik untuk menyimpan kemasan seperti makanan dan minuman.

PS (Polystrene)

Kode kemasan botol ini adalah yang paling harus kamu hindari. lantaran bisa berbahaya untuk kesehatan otak, mengganggu hormon estrogen pada wanita dan pertumbuhan dan sistem syaraf. Untuk mendaur ulang PS membutuhkan waktu yang cukup lama. biasanya bahan ini biasa ada pada kemasan tempat makan styrofoam.
© Copyright - Ompi TV - Media Hiburan Masa Kini
Added Successfully

Tulis Apa Yang Ingin Kamu Cari Dan Tekan ENTER Untuk Mencari.