GfM9TpClTSGpGUWpGSM8GUdoBA==

Slider

Wow, Suku Di Indonesia Ini Punya Mata Berwarna Biru Seperti Orang Eropa


Ompi TV
 - Anda tentu saja tidak asing jika melihat orang Eropa punya mata berwarna biru. Akan tetapi bagaimana jika itu orang Indonesia?

Umumnya sebagian besar orang Indonesia berbola mata hitam atau cokelat. Akan tetapi ada 1 suku yang begitu unik di Indonesia karena masyarakatnya punya bola mata berwarna biru.

Mereka adalah masyarakat suku Buton. Masyarakat Suku Buton begitu unik karena punya bola mata berwarna biru terang dan berkulit cokelat.

Berdasarkan Discover ASEAN, Suku Buton bisa ditemukan di Provinsi Sulawesi Tenggara, tepatnya di Pulau Buton. Memang mayoritasnya orang Asia dominan punya mata berwarna coklat sampai hitam, terkecuali beberapa memiliki mata abu-abu dan cokelat.

Akan tetapi, Suku Buton dikenal punya mata biru cerah. Seorang fotografer bernama Korchnoi Pasaribu pun berhasil menangkap momen yang memperlihatkan indahnya bola mata yang dipunyai oleh masyarakat Suku Buton.

WARNA MATA YANG TIDAK BIASA


Mata biru cerah masyarakat suku Buton begitu mencolok di antara kulit coklat mereka. Berdasarkan Pacific Press Agency, mata biru masyarakat Suku Buton dikarenakan oleh kelainan genetik langka yang disebut Sindrom Waardenburg, yaitu kelainan genetik langka yang membuat mata menjadi berwarna biru dan kemerahan.

KELAINAN SEJAK LAHIR


Sindrom Waardenburg yaitu kelainan bawaan sejak lahir. Tidak hanya bisa mempengaruhi warna bola mata, kelainan genetik ini juga bisa mempengaruhi warna kulit, rambut, mata dan juga bentuk wajah bayi sejak lahir.

Salah satu ciri khas utama dari sindrom ini yaitu warna mata yang berbeda antara satu dengan yang lain. Seperti yang banyak dialami masyarakat suku Buton yaitu satu bola mata berwarna biru dan yang satunya lagi coklat atau hitam.

© Copyright - Ompi TV - Media Hiburan Masa Kini
Added Successfully

Tulis Apa Yang Ingin Kamu Cari Dan Tekan ENTER Untuk Mencari.