GfM9TpClTSGpGUWpGSM8GUdoBA==

Slider

3 Hutan Indonesia Ini Dianggap Sebagai Paru-Paru Dunia, Yang Mana Sajakah?


OMPI TV - 
Indonesia menyimpan begitu banyak sekali keindahan dan kekayaan alam yang tentu saja menarik perhatian dunia internasional untuk diteliti lebih lagi. Salah satu harta karun yang ada di Tanah Air ini mempunyai hutan yang dikenal sebagai paru-paru dunia.

Hutan Indonesia memiliki label sebagai paru-paru dunia lantaran memiliki luas hingga 98 juta hektar dengan keragaman hayati di dalamnya.

Indonesia juga turut menyumbang sebanyak 10% luas hutan di dunia, dan 60% luas hutan di Asia sehingga, tidak mengherankan jika hutan negara Indonesia ini mendapatkan gelar sebagai paru-paru dunia.

Di samping itu, ada juga beberapa fakta unik tentang hutan Indonesia. Apa saja faktanya?, mari kita simak selengkapnya.

MENJADI TEMPAT TINGGAL BERANEKA JENIS HEWAN


Sudah tidak diragukan lagi jika luas wilayah hutan Indonesia begitu luas sehingga hutan Indonesia menjadi tempat tinggal untuk banyak spesies hewan baik yang langka sampai dengan yang tidak langka.

Hewan yang tidak bisa ditemukan di tempat lain seperti halnya orangutan, harimau sumatera dan juga kangguru pohon pun ada di hutan Indonesia. Hal ini lantas mengundang cukup banyak rasa kagum dari dunia Internasional mengenai keragaman hayati yang dipunyai oleh hutan Indonesia.

MENYUMBANG EMISI GAS RUMAH KACA TERBESAR


Keunggulan yang di punyai hutan Indonesia tidak bisa lepas dari permasalahan utama mereka yaitu tingginya tingkat deforestasi yang dilakukan oleh manusia.

Deforestasi yang dilakukan menjadi penyebab pohon bakal melepas karbon yang tersimpan di dalamnya dan bakal menyumbang emisi gas rumah kaca sebanyak 17-20%. Maka dari itu, penting sekali untuk dilakukan sosialisasi mengenai pentingnya peran hutan untuk mengurangi efek gas rumah kaca.

MULAI KEHILANGAN SEBAGIAN BESAR WILAYAHNYA


Dari tahun ke tahun, hutan Indonesia mulai hilang lahanya sebanyak 40% dan ini berakibat oleh banyaknya pembukaan lahan yang dilakukan dengan cara pembakaran, penggundulan dan juga penebangan pohon.

Ironisnya, semua itu dilakukan secara sengaja hanya demi mendapatkan keuntungan sepihak.

Berkurangnya lahan hutan ini juga menjadi penyebab begitu banyak mahkluk hidup hutan tak lagi punya tempat tinggal sehingga mereka pun harus mencari tempat tinggal baru dan beradaptasi ulang.

Meski mempunyai wilayah hutan yang luas dan besar, sebagai orang Indonesia kita juga tetap harus menjaga dan melestarikan hutan di negara kita ini supaya tetap ada dalam kondisi terbaik dengan tidak melakukan penebangan, pembakaran dan penggundulan secara paksa lantaran hutan Indonesia adalah aset berharga yang dapat dibanggakan negara.

© Copyright - Ompi TV - Media Hiburan Masa Kini
Added Successfully

Tulis Apa Yang Ingin Kamu Cari Dan Tekan ENTER Untuk Mencari.