GfM9TpClTSGpGUWpGSM8GUdoBA==

Slider

Benarkah Saat Hamil Dilarang Tidur Siang? Ini Faktanya


Ompi TV - Kondisi hamil membuat perempuan semakin rentan dengan yang namanya lelah sehingga butuh banget untuk istirahat. Tidak heran jika ibu hamil maunya hanya rebahan sepanjang waktu jika diperbolehkan.

Akan tetapi jangankan bisa tidur nyenyak sesuai yang di inginkan, kadang karena bawaan hamil yang beraneka ragam, tidak semua ibu hamil bisa menikmati kemewahan tidur nyenyak.

Mengutip dari family doctor, bagi banyak wanita hamil, tidur 8 sampai 10 jam setiap malam menjadi semakin sulit seiring dengan bertumbuhnya usia kehamilan. Ada cukup banyak kendala baik secara fisik atau emosional.

Lantas bagaimana dengan tidur siang?, Apakah diperbolehkan untuk Ibu Hamil? mari simak faktanya.

TIDUR SIANG DAN JUGA PENGARUHNYA UNTUK BERAT BADAN JANIN


Seperti yang dilansir dari Kidspot, dinyatakan jika Ibu Hamil justru harus tidur siang, Karena ibu hamil yang tidur siangnya kurang berkemungkinan melahirkan bayi dengan berat lahir rendah.

Para peneliti di China menganalisis data dari lebih 10,000 Wanita berusia 15 hingga 50 tahun, menanyakan mengenai kebiasaan tidur mereka ketika hamil. 

Info yang menggembirakan untuk ibu hamil pecinta tidur siang, data mengungkapkan jika wanita yang tidur sekitar 1 sampai satu setengah jam setiap sore hari punya peluang 29% lebih kecil untuk mempunyai bayi dengan berat badan lahir rendah ( didefinisikan sebagai di bawah 2,5 kg ).

Tidak hanya tidur siang dianggap bermanfaat, calon ibu juga disarankan agar menikmati tidur siang lima sampai 7 hari untuk setiap minggunya. Pasalnya, mereka akan lebih kerap tidur siang berkemungkinan lebih kecil mempunyai Bub dengan berat lahir rendah.

Pentingnya tidur siang ini juga disiarkan oleh laman Kominfo, dalam kesempatan meluruskan beredarnya Hoax yang menyebutkan ibu hamil tidak boleh tidur siang lantaran ketakutan bayi bakal membesar dan menyulitkan proses persalinan.

"Tidur siang sangat penting untuk ibu hamil, terutama pada kehamilan trimester pertama dan ketiga, saat kelelahan mencapai puncaknya," seperti yang tertulis di laman Kominfo.

Jadi Ibu Hamil tidak usai khawatir bakal mengalami gangguan kehamilan tertentu jika tidur siang. Tidur siang justru penting untuk menjaga si kecil tumbuh dan berkembang lebih optimal sejak dalam kandungan.

TIPS AGAR IBU HAMIL PUNYA TIDUR YANG BERKUALITAS


Setelah membahas mengenai tidur siang yang ternyata bermanfaat untuk ibu hamil, tentunya sekarang juga harus tau cara tidur berkualitas untuk ibu hamil, Simak tipsnya berikut ini selengkapnya :

  • Posisi terbaik untuk tidur ketika hamil adalah miring ke krii. Ini meningkatkan aliran darah dan aliran nutrisi ke bayi.
  • Cobalah berbaring miring ke kiri, lutut ditekuk dengan bantal di antara kedua lutut. Cobalah menyelipkan bantal di bawah perut ibu hamil, sebagai dukungan ekstra.
  • Ibu hamil bisa meminimalkan bolak balik kamar mandi di malam hari dengan mengurangi jumlah minuman yang ibu hamil minum pada malam hari.
  • Pastikan untuk mendapatkan hidrasi yang cukup pada siang hari.
  • Cahaya terang bisa membuat ibu hamil sulit tidur kembali, jadi pergunakan lampu malam supaya ibu hamil tidak perlu menyalakan lampu ketika bangun untuk pergi ke kamar mandi.
  • Membiasakan pola tidur yang baik.
  • Konsisten dengan jadwal tidur. Pergi tidur dan bangun di waktu yang sama setiap hari.
  • Prioritaskan tidur. itu salah satu hal tersehat yang bisa ibu hamil lakukan untuk menjaga tubuh.
  • Usahakan untuk tidur siang singkat.
  • Tetap berpegang pada rutinitas waktu tidur yang membuat rileks, dan jangan pernah menyimpang darinya.
  • Jadikan kamar tidur hanya untuk tidur. Jangan menyimpan TV, komputer, atau gadget teknologi lainnya yang mengganggu di kamar tidur.
  • Jangan makan di waktu tidur. Selesaikan makan dua sampai 3 jam sebelum tidur.

Itu dia mengenai Ibu Hamil Dilarang Tidur Siang dan beberapa Tips yang bisa dilakukan untuk Ibu Hamil Agar Mendapatkan Tidur Berkualitas. semoga bermanfaat ya sahabat Ompi TV.

© Copyright - Ompi TV - Media Hiburan Masa Kini
Added Successfully

Tulis Apa Yang Ingin Kamu Cari Dan Tekan ENTER Untuk Mencari.