GfM9TpClTSGpGUWpGSM8GUdoBA==

Slider

Mitos Atau Fakta?, Bintik-Bintik Muncul Di Sekitar Areola Payudara Sebagai Tanda Hamil


OMPI TV
 - Ada banyak perubahan yang dialamu oleh tubuh seorang wanita ketika sedang hamil. Salah satunya adalah Areola atau area di payudara yang berwarna gelap.

Ketika hamil, Areola akan terlihat makin gelap dari biasanya. Selain itu, area hitam juga akan semakin melebar seiring dengan bertambahnya usia kehamilan.

Beberapa Ibu Hamil bahkan mengalami perubahan areola tidak pada umumnya, yaitu muncul bintik-bintik di sekitar area tersebut. Kemudian benarkah bintik-bintik itu bisa dijadikan sebagai indikasi kehamilan?

BINTIK-BINTIK DI SEKITAR AREOLA

Faktanya, bintik-bintik di area areola memang bisa menjadi tanda awal kehamilan. Bintik ini pada umumnya juga terlihat seperti benjolan kecil yang banyak di sekitar areola.

Dilansir dari Parents, kondisi ini dalam istilah medis disebut tuberkel montgomery. Menurut dokter kandungan Alan Lindemann, M.D, tuberkel montgomery merupakan kelenjar minyak (sebaceous) yang dipergunakan untuk pelumas di areola.

"Tuberkel montgomery terlihat seperti bintik-bintik tidak berwarna di sekitar puting susu. Beberapa orang melihatnya seperti tonjolan," kata Lindemann.

Tuberkel montgomery kerap muncul bersama dengan tanda kehamilan yang lain seperti nyeri puting. Kondisi ini sangat normal dan kebanyakan tidak membutuhkan perhatian medis.

Menurut ulasan di Indian Journal of Dermatology, Venereology and Leprology, Sekitar 30 hingga 50 persen ibu hamil atau bumil sadar tuberkel montgomery yang dialaminya.

PENYEBAB BINTIK DI AREOLA KETIKA HAMIL

Bintik-bintik ini atau tuberkel montgomery ini merupakan awal kehamilan dan bisa disebabkan lantaran perubahan hormon. Kondisi ini juga bisa muncul sebelum tes kehamilan mendeteksi perubahan kadar hormon, Ibu Hamil.

Selain karena hormon, tuberkel montgomery juga bisa disebabkan oleh beberapa hal yang berkaitan erat dengan kehamilan, seperti : Stres, kenaikan atau penurunan berat badan, penggunaan obat-obat tertentu, menggunakan pakaian ketat dan juga kanker payudara.

Tak semua ibu hamil mengalami tuberkel montgomery di awal kehamilan mereka. Akan tetapi munculnya bintik di area payudara itu bisa menjadi tanda jika sudah sewajarnya seorang wanita melakukan tes kehamilan di rumah.

Meski tuberkel montgomery merupakan kondisi normal saat hamil, kondisi ini juga tetap membutuhkan perhatian supaya tidak berubah menjadi infeksi. 

WASPADA BINTIK-BINTIK DI AREA AREOLA PAYUDARA BISA JADI INFEKSI JIKA TAK DIPERHATIKAN

Tuberkel montgomery selama kehamilan juga bisa terjadi ketika mau menyusui. Meski bisa hilang dengan sendirinya, tuberkel montgomery juga bisa membuat infeksi.

Seperti dilansir Healthline, tuberkel montgomery bisa meradang, tersumbat atau juga terinfeksi. Waspadai jika ibu hamil melihat ada tanda kemerahan atau pembengkakan yang cukup menyakitkan di sekitar area puting.

Infeksi bisa dikarenakan adanya jamur yang membuat gatal dan ruam. Dalam kasus yang sangat jarang terjadi, perubahan penampilan di areola bisa juga menjadi gejala kanker payudara. Segera ke dokter jika ibu hamil mengalami perubahan bentuk puting, muncul benjolan di ketiak, dan juga di Payudara.

Tuberkel Montgomery biasanya akan hilang sendirinya usai Ibu Hamil selesai menyusui. Pada kondisi yang normal, bintik atau benjolan kecil itu tidaklah membuat rasa sakit dan menganggu aktivitas.

PERAWATAN PAYUDARA SUPAYA BEBAS INFEKSI SAAT HAMIL

Tuberkel montgomery memang bakal hilang sendiri. Akan tetapi, untuk mencegah infeksi, Ibu Hamil butuh banget merawat payudara sejak masa kehamilan. Dan berikut ini cara yang bisa digunakan :

1. Jaga kebersihan puting selama kehamilan dan menyusui, lakukan cuci payudara setiap hari dengan mempergunakan air hangat atau kain bersih dan lembut.

2. Hindari mengoles minyak dan pelumas ke areola.

3. Jangan pernah mencoba untuk memecahkan tuberkel atau benjolan karena ini bisa saja membahagiakan.

4. Menggunakan Bra yang bersih dan juga nyaman digunakan setiap hari.

5. Jika munculnya tuberkel yang mengganggu dan sedang tidak hamil atau menyusui, maka segeralah menemui dokter untuk melakukan penangan medis jika dibutuhkan.

© Copyright - Ompi TV - Media Hiburan Masa Kini
Added Successfully

Tulis Apa Yang Ingin Kamu Cari Dan Tekan ENTER Untuk Mencari.