GfM9TpClTSGpGUWpGSM8GUdoBA==

Slider

Pemkot Magelang Angkat Bicara Mengenai Perubahan Penampilan Tugu Sa Gunung Tidar


Ompi TV
- Penampilan berbeda Tugu Sa di kebun Raya Gunung Tidar, Kota Magelang, Jawa Tengah banyak dipertanyakan. Menanggapi itu, Dinas Lingkungan Hidup (DLH) memberikan penjelasan mengenai hal tersebut.

"Banyak perubahan-perubahan. Gunung Tidar saat ini bertambah fasilitasnya, sekarang ada Gardu Pandang, ada juga monumen (Tugu) Sa yang diperbarukan dengan tidak melepas dari filosofi dari zaman dahulu, jadi pakai batu purba," ucap Kepala DLH Kota Magelang, Otros Trianto, ketika ditemui di kompleks Pemkot Magelang pada Jumat 10 Desember 2021.

Dia juga menjelaskan Tugu Sa mengalami pembaruan. Pembaruan itu diharapkan bisa menjadikan Tugu Sa lebih monumental. Pembangunan itu atas partisipasi masyarakat yang peduli kepada keberadaan Gunung Tidar.

"Jadi malah dari masyarakat, bukan dari kita (Pemkot Magelang). Kita memfasilitasi saja," ujar Otros.

"Bukan, bukan (program pemkot), malah dari masyarakat yang peduli tentang keberadaan Gunung Tidar," tuturnya.

Otros mengucapkan selain menjadi tempat untuk keragaman hayati, Kebun Raya Gunung Tidar, saat ini juga dipergunakan untuk wisata religi, olahraga dan juga pariwisata.

"Monumen nasional sekarang sudah direhab dengan bagus, jadi fungsi di sana selain untuk kelestarian lingkungan karena keragaman hayati, di sana bisa untuk olahraga, untuk selfie, untuk wisata religi dan semuanya. Gunung Tidar sekarang sedang berbenah untuk menerima kunjungan wisata," tuturnya.

Pihaknya memiliki harapan, masyarakat yang datang di Gunung Tidar dengan tetap selalu menerapkan protokol kesehatan.

Diwawancara terpisah, Wali Kota Magelang Muchamad Nur Aziz menyebutkan pelayanan yang ada di Gunung Tidar diperbaiki untuk memberikan kenyamanan wisatawan. Menurut Dirinya Tugu Sa yang ada di Puncak Gunung Tidar tidak mengalami perubahan, akan tetapi dipercantik.

"Nggak dirubah ditata lebih, dipercantik, kan bahan-bahan diperbaiki. Jadi itu program yang lama (pemerintahan sebelumnya), kita lanjutkan," kata Aziz kepada wartawan pada hari yang sama.

"Iya (bentuknya seperti itu). Ya memang setting-an dari teman-teman seperti itu," tuturnya.

© Copyright - Ompi TV - Media Hiburan Masa Kini
Added Successfully

Tulis Apa Yang Ingin Kamu Cari Dan Tekan ENTER Untuk Mencari.